Melatih Kemandirian Day #10

bunda sayang ibu profesional, Ibu Profesional, IIP, Melatih Kemandirian

Perjalanan sepuluh hari berlatih kemandirian memang benar-benar menantang, bahkan untuk anak seusia Fatha. “Mendidik tidak bisa mendadak”. Jadi segala bentuk pembelajaran ini memang proses panjang yang tidak bisa instan. Kadang dijalani anak dengan suka cita dan terlihat lancar-lancar saja. Tak jarang anak memilih untuk melakukan tidak sesuai aturan main.

Fasilitator kami, Mbak Sindu, menguatkan, “Tidak cukup 17 hari melatih kemandirian. Butuh waktu sampai bertahun-tahun untuk membuat mereka mandiri. Pada dasarnya anak adalah pembelajar sejati, pasti ada rasa ingin bisa melakukan sendiri. Tinggal bagaimana respon kita, apakah akan memupuk fitrah atau justru tanpa sadar kita pupuskan. Jika yang kedua terjadi, maka kita sendiri yang akan kerepotan saat anak sulit untuk mandiri.

Menarik memang terlibat langsung dalam memilihkan dan membuatkan aturan untuk Fatha. Yang awalnya masih ragu-ragu dengan kemampuannya, makin hari makin penasaran dengan uji coba kemampuannya yang lain.,

Seperti hari ini, mendadak saya harus pergi ke luar kota di saat Fatha belum bangun. Saya kehilangan satu kesempatan untuk mengajarkannya konsisten melepas pakaian sendiri. Namun saya sudah berpesan pada Uti Fatha untuk tetap dapat melatih Fatha melepas pakaian sendiri, semampunya.

Sore tadi Uti melaporkan bahwa sebelum mandi, Fatha sudah bermain air dengan gayung dan ember. Dia sedang belajar menyiram tanaman, Uti berkisah. Fatha juga meminta selang air Uti dan mencoba menyemprotkan ke tanaman, realisasinya semprotan dilakukan ke segala arah, termasuk badan Fatha sendiri.

Fatha berteriak, “Nin, nin, pas, pas..” (dingin, dingin, lepas, lepas). Ternyata ia meminta dilepaskan bajunya. Uti membantu membuka kancing dan dilanjutkan oleh Fatha.

Setelahnya Fatha mandi sore dengan air hangat dan tidak mau berhenti bermain air..

Alhamdulillah, makin banyak aktivitas yang dijajal oleh Fatha dan terlihat pula keinginannya melakukan sendiri sampai bisa..

#Harike10
#Tantangan10hari
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#MelatihKemandirian
#InstitutIbuProfesional

Advertisements

2 thoughts on “Melatih Kemandirian Day #10

  1. Alhamdulilah fatha makin keren…dengan melihat kegiatan kita sehari-hari, anak akan timbul keinginan untuk menirukan dan lalu mencoba hal-hal baru. Semangat ibu dan uti untuk mengenalkan beragam aktivitas unuk fatha

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s